Senin, 25 November 2013

Cucak Matahari,Cendet Kembang,Burcak

Seperti kata om kicau.com Gambar ini burung endemik Indonesia yang keberadaannya mulai sulit ditemukan di alam liar. Namanya burung cica atau cucak matahari atau spotted crocias(Crocias albonotatus). Karena penampilannya sekilas mirip pentet atau cendet, sebagian kicaumania kita menyebutnya dengan nama cendet kembang atau cendet matahari. Tetapi keduanya tidak memiliki hubungan kekerabatan, sebab cendet termasuk dalam keluarga Lanidae, sedangkan cica matahari termasuk keluarga Timaliidae.

Sebagaimana dijelaskan di bagian lead, cica matahari merupakan burung endemik Indonesia. Berdasarkan data Bird Life Internasional, wilayah persebaran burung ini terbatas di sekitar Jawa Barat. Saat ini masih dapat ditemukan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, tetapi mulai jarang terlihat (langka) di beberapa kawasan yang dulu juga menjadi habitat burung ini, misalnya di Taman Nasional Gunung Halimun.

Dalam jumlah terbatas, burung ini sebenarnya juga masih bisa dijumpai di beberapa kawasan hutan pegunungan di Jawa dan Sumatera. Namun sangat disayangkan, masih ada yang memperdagangkan burung langka dan sudah dimasukkan dalam daftar burung dilindungi di Indonesia.

Makanan utama burung cica matahari adalah buah-buahan seperti pisang dan pepaya. Mereka juga menyukai serangga kecil seperti jangkrik, ulat, kupu-kupu, katak kecil, dan ikan-ikan kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar